Selasa, 14 Desember 2010

Jenis-jenis Ikan Koki

Ikan Mas Koki
Ikan mas koki (Carassius auratus) adalah jenis ikan air tawar yang hidup di perairan dangkal yang airnya tenang dan berudara sejuk. Ikan ini digemari masyarakat karena keindahan warna, geraknya yang menggemaskan, dan bentuk tubuhnya yang unik. Berbeda dengan ikan hias lainnya, ikan mas koki termasuk ikan hias sepanjang masa. Hal ini dibuktikan dengan selalu tersedianya ikan mas koki di setiap toko penjual ikan hias, sehingga harga jual cenderung stabil.
Koki pertama kali dibudidayakan oleh masyarakat Cina pada tahun 960-1729. Awalnya bentuk koki sama seperti ikan mas, karena memang kedua ikan ini berasal dari satu kerabat, yaitu dari keluarga Cyprinidae. Kemudian padda zaman Dinasti Ming (1368-1644) popularitas koki semakin menanjak. saat inilah bermunculan ikan mas koki dengan tubuh yang unik dan bervariasi. Setelah itu, penyebaran koki berkembang ke Jepang. Di negara Matahari Terbit ini, koki terus mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga dihasilkan jenis-jenis baru dengan bentuk yang lebih variatif seperti sekarang ini.
Di Indonesia sendiri, koki termasuk ikan hias yang banyak memiliki penggemar. Hal ini dapat dibuktikan dengan seringnya diadakan lomba atau kontes ikan mas koki dengan peserta yang boleh dibilang sangat banyak. Selain itu, saat ini juga banyak bermunculan kelompok atau klub pencinta koki.
Jenis-jenis Koki
Saat ini terdapat berbagai jenis ikan mas koki jenis baru yang dijual di pasaran. Koki jenis baru ini merupakan hasil persilangan berbagai ras sehingga dihasilkan berbagai varian baru yang sangat beragam. Pada dasarnya, pembagian jenis koki dapat dibagi menjadi dua tipe, yaitu tipe top view (ikan mas koki yang keindahannya terlihat dari atas, biasanya dipelihara di dalam kolam) dan side view (koki yang keindahannya terlihat dari samping, biasanya dipelihara di dalam akuarium). Sedangkan berdasarkan bentuk dan warnanya, jumlah jenis koki sangat banyak. Saya akan memberikan beberapa jenis mas koki yang cukup popoler dan digemari masyarakat.
• Pearl Scale (sisik Mutiara)

Sisik ditubuh koki ini berwarna putih, muncul kepermukaan dan bergerigi, sehingga tampak seperti mutiara. Pearl scale dibagi menjadi dua jenis, yaitu jenis yang berjambul dan jenis yang tidak berjambul. Tubuh koki jenis ini umumnya bulat, walaupun beberapa ada juga yang lonjong.













• Koki Kepala Singa (Lion Head)

Keindahan dan keunikan ikan mas koki ini terletak pada kepalanya yang berjambul, mirip dengan kepala singa (mungkin inilah yang mendasari penamaan jenis ini). Koki ini tidak memiliki sirip di punggungnya. Tubuhnya sangat proporsional dimana tubunya tidak pendek ataupun terlalu panjang.













• Koki Oranda

Bentuk koki oranda miripi dengan koki lion head, tetapi memiliki sirip punggung. Selain itu, ekor jenis koki ini juga lebih panjang daripada ikan mas koki jenis lion head. Warna koki oranda kuning keemasan dengan jambul kepala berwarna jingga hingga merah.












• Koki Black Oranda

Koki jenis ini merupakan koki oranda yang memiliki warna tubuh hitam, dari ekor hingga jambul kepalanya.












• Koki Ranchu

Koki ini termasuk jenis yang sudah cukup tua. Ditemukan di Jepang sekitar 1784. Di Jepang, koki ini paling desenangi sehingga disebut ranchu (koki ganteng). Sepintas mirip dengan lion head, tetapi tidak memiliki jambul.












• Koki Mata Balon (Bubble Eye)

Koki ini memiliki gelembung yang menggantung di bawah kedua matanya. Gerakannya sangat lambat, dikarenakan gelembung tersebut menyulitkan dirinya untuk bergerak lebih leluasa.
















• Koki Teleskop

Koki ini dijuluki mata teropong dikarenakan bentuk matanya yang menonjol mirip dengan teropong atau teleskop.


















• Koki Mata Belo

Koki jenis ini memiliki mata yang hampir sama dengan mata koki jenis teleskop, namun bentuknya lebih besar dari koki teleskop.













• Koki Butterfly

Sesuai dengan namanya, koki jenis ini memiliki ekor panjang yang mengembang bentuknya menyerupai kupu-kupu. Jenis ikan koki ini adalah jenis ikan koki top view dimana ikan jenis ini biasa dipelihara di kolam, sebenarnya bisa saja dipelihara di akuarium namun keindahannya kurang dapat di nikmati. Setidaknya ada dua jenis koki butterfly, yaitu butterfly hijau (green butterfly) dan butterfly hitam (black butterfly).















• Koki Kepala Merah (Red Head)

Koki ini dinamai red head dikarenakan memiliki warna merah tepat di atas kepalanya. Koki ini terlihat lebih indah jika warna merahnyaaa tidak menyebar hingga kebadan.














• Koki Ryun Kin

Koki ini memiliki tubuh berbentuk bulat, mirip dengan koki jenis oranda. Keistimewaan koki jenis ini adalah koki ini memiliki variasi warna yang lebih banyak daripada koki jenis lain. Salah satu koki ryu kin yang terkenal adalah koki jenis calico.













• Tosakin

Ikan tosa ini biasanya dipelihara di kolam, karena keindahannya akan tampak jika di lihat dari atas. Keunggulan maskoki ini terdapat pada sirip ekornya yang panjang dan melebar melebihi panjang tubuhnya sendiri.

1 komentar:

  1. mas bro, ditambah lagi artikel ikannya...kayaknya hobies mas koki nih...silahkan mampir ke blog ane ya sekalian commentnya mas bro,..nih alamatnya..http://duniaikan-surabaya.blogspot.com

    BalasHapus